Cara Pengeluaran ASI Dengan Tangan Yang Benar



Cara Pengeluaran ASI Dengan Tangan Yang Benar. Bila ASI berlebihan sampai keluar memancar, sebaiknya ASI dikeluarkan atau di perah terlebih dahulu sebelum menyusui. Hal ini untuk menghindari bayi tersedak atau bayi enggan menyusu. Tindakan pengeluaran ASI atau memerah ASI juga dilakukan pada ibu bekerja yang menyimpan ASI untuk bayinya dirumah disebabkan ASI yang merembes karena payudara penuh, untuk bayi yang mengalami masalah mengisap (misal berat badan lahir rendah [BBLR] ), menghilangkan bendungan atau memacu produksi ASI, atau ibu sakit sehingga tidak dapat langsung menyusui bayinya.

Tindakan pengeluaran ASI dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: pengeluaran ASI dengan Tangan dan pengeluaran ASI dengan pompa payudara.
memerah ASI, pengeluaran ASI dengan tangan
memerah ASI, cara pengeluaran ASI dengan tangan

Cara pengeluaran ASI dengan tangan merupakan cara yang lazim digunakan karena tidak banyak membutuhkan sarana dan lebih mudah. Berikut langkah-langkah pengeluaran ASI dengan tangan yang baik dan benar:

1.      Tangan dicuci sampai bersih
2.      Siapkan cangkir / gelas tertutup yang telah dicuci dengan air mendidih. Dapat juga dengan menggunakan botol dot bayi.
3.      Payudara dikompres dengan handuk hangat dan dimamase dengan kedua telapak tangan dari pangkal ke arah areola payudara. Ulangi pemijatan ini pada sekitar payudara secara merata.
4.      Mamase dengan ibu jari disekitar areola payudara bagian atas dan jari telunjuk pada sisi yang lain, lalu daerah areola payudara ditekan ke arah dada.
5.      Daerah areola payudara diperas dengan ibu jari dan jari telunjuk. Janga memijat atau menekan puting karena dapat menyebabkan rasa nyeri atau lecet.
6.      Ulangi tindakan (tekan-peras-lepas-tekan-peras-lepas). Pada awalnya, ASI tidak keluar, namun setelah beberapa kali ASI akan keluar.
7.      Gerakan ini diulang pada sekitar areola payudara pada semua sisi agar yakin bahwa ASI telah diperas dari semua segmen payudara.

Cara Pengeluaran ASI Dengan Tangan. Perlu diperhatikan ibu, bahwa ASI yang dikeluarkan atau diperas hanya dapat bertahan selama maksimal 6 jam. Jadi ketika ASI hampir atau sudah 6 jam sebaiknya tidak diminumkan pada bayi dan segera dibuang. Bahkan ketika ASI sudah berwarna kekuningan pun sebaiknya jangan dikomsumsi bayi. Namun ada tips untuk membuat ASI perasan dapat bertahan lama, yaitu dengan menyimpannya didalam lemari es freezer (beku), karena dapat bertahan sampai 6 bulan. Akan tetapi, tetaplah ASI Eksklusif langsung dari payudara ibu jauh lebih baik, karena masih segar dan hangat, serta tidak tercemar bakteri.Sekian dulu posting kali ini, semoga bermanfaat. 


Responses

0 Respones to "Cara Pengeluaran ASI Dengan Tangan Yang Benar"

Posting Komentar

Blog ini adalah blog Dofollow, silahkan isi komentar. Berkomentarlah yang sopan, jangan spam. bila ada ketidak jelasan kita diskusikan bersama, saling berbagi agar terus bertambah ilmu :)

 
Return to top of page Copyright © 2013 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Seputar Ibu Hamil